Situs Website Tidak Dapat Di Akses

Apakah situs anda tidak bisa di akses..?? Mengapa dan Bagaimana bisa demikian..?? Apa penyebab semua ini ??

Puluhan pertanyaan terngiang di kepala kita, satu persatu berusaha kita pecahkan, namun tiada hasilnya. Okelah…marilah kita bahas mengenai problem kenapa website kita tidak bisa di akses.

Berikut ini beberapa penyebab yang umum terjadi jika website tidak bisa diakses: 

  • Koneksi internet ada masalah 

Situs yang tidak bisa diakses, salah-satunya disebabkan masalah koneksi internet buruk. Jika ini terjadi, anda bukan hanya tidak dapat mengakses satu situs saja, melainkan semua situs dipastikan tidak dapat diakses. Satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah memeriksa koneksi internet dengan melakukan “ping” ke situs atau server apapun. Jika seandainya tidak ada response atau tanggapan dari hasil ping tersebut, maka sudah bisa dipastikan permasalahannya ada pada koneksi internet anda. Gangguan operator, atau habisnya paket internet menjadi penyebab utama.

  • DNS bermasalah 

Sebuah situs umumnya memiliki DNS sendiri yang biasa terpasang pada server, DNS tersebut bisa dikustomisasi menjadi apapun. Masalahnya adalah ketika terjadi kesalahan saat anda mengatur DNS maupun nameserver, otomatis itu dapat menyebabkan situs anda tidak bisa diakses dalam beberapa jam atau beberapa hari setelah perubahan DNS. Memperbaiki DNS lewat kontrol panel adalah solusi paling tepat. Anda bisa mengubah nameserver di kontrol panel situs anda.

  • IP akses terblokir / IP conflict

Ternyata ada sistem proteksi pada server maupun situs yang bekerja secara otomatis. Semacam firewall, sistem tersebut bisa memblokir alamat IP yang dicurigai. Biasanya penyebab IP terblokir yaitu salah login kontrol panel berkali-kali, melakukan spam, DDOS attack, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, anda bisa melapor ke bagian contact person atau support dari situs tersebut. Atau akses menggunakan perangkat lain.

  • Kendala cache browser  

Cache browser adalah data website yang disimpan sementara di penyimpanan browser. Meskipun bermanfaat untuk mempercepat loading website, kendala cache browser bisa jadi penyebab website tidak bisa diakses. Jika hal ini terjadi, Anda perlu menghapus cache tersebut.

  • Kendala pada keamanan perangkat 

Antivirus dan firewall kadang menyebabkan website tidak bisa dibuka karena dicurigai mengandung malware. Namun, kecurigaan ini kadang tidak benar (false alarm). jika Anda yakin website yang diakses aman, coba matikan antivirus dan firewall sementara yang ada di komputer anda.

  • Website terkena hack 

Hacker adalah momok bagi website, hampir per-menit ratusan-ribuan website di dunia mendapat serangan dari para hacker. Guna mengantisipasi akan hal ini, gunakan anti malware, anti virus, plugin keamanan, pasang SSL, anti DDOS dan keamanan lainnya.

  • Domain kadaluarsa 

Penyebab situs tidak bisa diakses selanjutnya yaitu karena nama domain telah memasuki masa kadaluarsa atau expired, dimana domain tersebut dikunci dan dialihkan ke sebuah halaman yang disebut domain parking. Anda bisa mengembalikan situs seperti semula apabila sudah memperpanjang domain yang telah memasuki masa expired tersebut.

  • Masalah hosting 

Masalah terakhir yang paling sering terjadi pada website adalah masalah pada hosting. Tidak perlu panik jika website Anda tiba-tiba menampilkan tulisan This Account Has Been Suspended. Pesan error tersebut umumnya menandakan masa aktif layanan hosting anda sudah expired, sehingga perlu dilakukan perpanjangan.

  • Website kebanjiran trafik 

Penyebab situs tidak bisa diakses pertama yakni dikarenakan kelebihan trafik. Kejadian ini sangat umum terjadi, apalagi jika server situs anda memang memiliki bandwidth kecil atau terbatas. Kelebihan trafik ini biasanya disebabkan oleh banyaknya pengunjung yang masuk ke situs. Bisa jadi karena kondisi postingan atau situs yang berhasil viral, sehingga trafik membludak namun sayangnya server tidak bisa menampung ledakan pengunjung tersebut. Fenomena kelebihan trafik biasa dialami oleh situs berskala kecil.

Selain beberapa penyebab masalah diatas, masih banyak penyebab lainnya yang tidak bisa semuanya kami bagikan disini. Kami hanya berbagi penyebab-penyebab pada umumnya saja….

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.