Dari Mana Google Bisa Membedakan Itu Iklan Berbayar dan Bukannya Outbound Link Biasa?
Tapi ada beberapa indikator yang bisa menyebabkan kita “tertangkap” radar Google, yaitu link tersebut mengarah ke halaman eksternal yang topiknya benar-benar tidak ada hubungannya dengan blog kita. Tapi ini hanyalah sinyal yang bisa dikatakan lemah.
Tapi kalau sampai link kita itu mengalir ke situs yang tergolong spammy sites, maka anda menyalakan alarm bagi Google untuk mengecek blog saudara. Jadi sekali lagi, langkah amannya adalah mencegah Google menangkap saudara “memberi dukungan” pagerank dan keyword kepada blog tersebut. Jadi sekali lagi buatlah iklan saudara nofollow
Kenapa Cara Memasang Iklan Yang Nofollow Sangat Dianjurkan?
Website yang beriklan adalah website yang sedang berusaha membangun nilai komersil, dan kadang website yang seperti ini melangkah terlalu jauh dan melanggar aturan dari Google, sehingga Google memberi mereka sanksi baik berupa penurunan peringkat, banned, atau penghapusan…..
Yang mana saja yang terjadi akan berakibat buruk bagi blog anda…. Jika anda memasang link menuju blog yang sedang terkena hukuman, maka anda juga akan terkena imbasnya. Atau jika anda memberi link iklan yang dofollow pada blog yang dihapus oleh Google, maka itu secara otomatis akan menjadi broken link yang merugikan poin halaman blog saudara.
Jadi jika saudara hendak memasang iklan berbayar, maka lakukan dua hal ini:
- Pastikan link saudara itu nofollow
- Pastikan anda mengecek rutin website yang memasang iklan saudara, jika broken link, jangan biarkan lebih dari seminggu. (walaupun nofollow google tetap menelusuri, hanya saja tidak memberi poin pagerank dan kata kunci)….