Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)? – Senang sekali akhirnya blog SEO ini masuk juga ke eksperimen SEO yang terakhir. Oleh karena itu saya merasa perlu untuk menulis ulang beberapa artikel sebagai bentuk “penyempurnaan” dari artikel-artikel SEO PEMULA sebelumnya.
Dari beberapa percobaan yang sudah saya lakukan selama setahun terakhir ini, saya menemukan bahwa ada cara-cara yang lebih mudah untuk melakukan SEO….Ibaratnya jika selama ini anda membutuhkan “sepuluh peluru” untuk mengenai sasaran, ternyata hasil yang sama juga bisa dicapai dengan “sebutir peluru” saja. Asalkan komposisi kerja anda tepat….
Jadi panduan SEO pasca eksperimen ini mungkin saja akan memiliki beberapa perubahan mendasar dari artikel-artikel sebelumnya. Perubahan ini bertujuan untuk membantu anda mengoptimasi website dengan cara-cara SEO yang lebih efektif, … DAN TENTU SAJA ARTIKEL-ARTIKEL KALI INI 100% SUDAH TERUJI.
Sebagai langkah awal untuk memulai tulisan jilid 2 ini, maka saya akan membuat pembahasan yang paling mendasar dari SEO…. Jika saudara adalah seorang blogger pemula, maka ada baiknya memulai dari sini.
Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?
Kenapa SEO Itu Perlu?
Apa yang diperlukan untuk menjadi juara 1 di Google?
Sebenarnya ada dua hal yang harus anda tonjolkan, yaitu:
- Anda harus terlihat profesional di bidang yang anda bahas, dan
- Harus banyak yang merekomendasikan anda (sebagai bukti bahwa anda memang berkualitas)
Sayangnya,….tidak banyak orang yang tahu bagaimana caranya untuk terlihat pro di mata Google, dan mendapatkan banyak rekomendasi dari komunitas dunia maya….
#1 Bagaimana cara untuk terlihat profesional?
Sebenarnya mudah saja…. anda cukup memperbaiki faktor optimasi SEO onpage dari blog anda. SEO onpage ini yang akan membantu Google untuk mengenali pokok utama pembahasan di suatu halaman. Jika anda gagal melakukan onpage, maka google akan melihat halaman anda tidak relevan untuk dipajang di halaman pertamanya.
Kalau saya diminta mengilustrasikan, maka blog yang profesional itu layaknya “Marketing Representative” dari sebuah perusahaan, sedangkan blog yang tidak profesional itu lebih terlihat seperti “Tukang obat” di pinggir jalan.
Karena seorang marketing representative itu harus selalu berpakaian rapi dengan rambut tertata, pokoknya enak dilihat mata. Gaya berbicara seorang pun selalu tertata, dan terdengar “cerdas dan terlatih”.
Walaupun keduanya sama-sama mempunyai misi untuk melariskan dagangannya, tapi keduanya punya gaya yang berbeda.
Tukang obat jelas tidak terlalu mempedulikan penampilan, dan bicaranya itu benar-benar boros seperti penumpukan kata kunci. Entah berapa kali dalam sehari tukang obat mengatakan “beli…beli….beli….”Jadi kalau anda masih membangun blog dengan cara mengandalkan penumpukan kata kunci, maka anda masih memakai jurus tukang obat….dan Google tidak suka itu.
Kita nanti akan membahas masalah optimasi SEO onpage ini di awal-awal tutorial, karena ini adalah optimasi yang hanya bisa dilakukan sekali saja di awal. Jika anda melakukannya berkali-kali, maka bisa jadi ranking blog anda malah terjun bebas….
Setelah anda menjadi seorang “marketing representative” Anda harus mulai mengumpulkan rekomendasi dari banyak pihak. Semakin banyak yang merekomendasikan anda, dan semakin puas pelanggan anda,…. maka anda akan semakin “disayang” oleh Google….
Cara mengumpulkan rekomendasi itu adalah dengan melakukan SEO offpage. Metode optimasi SEO offpage ini meliputi pengetahuan mencari backlink, promosi di social network, dan masih banyak lagi….
Berhubung optimasi Offpage adalah yang paling berat dan paling sensitif terhadap ranking, maka itu akan kita bahas di materi yang paling akhir saja….
Jadi sampai di sini teman-teman blogger Pemula sudah tahu apa itu SEO, dan kenapa SEO sangat diperlukan. Sekarang kita tinggal memperjelas materi tentang membuat blog yang profesional dan cara mendapatkan banyak “rekomendasi” di dunia maya.