Pembelajaran ini melanjutkan pembelajaran sebelumnya mengenai “Dasar-Dasar Optimalisasi Halaman Web/Blog”, jangan sampai Anda lewatkan pembelajaran tersebut karena di dalamnya merupakan pengetahuan dasar yang wajib Anda ketahui dalam mengoptimalisasi sebuah halaman web/blog. Ok, sedangkan untuk pembelajaran kali iniuprian akan menjelaskan tentang panduan penggunaan Title dan Meta Tag pada sebuah halaman web/blog. Dan tanpa berlama-lama, mari kita pelajari bersama pembelajaran ini.
Apa Itu Meta Tag dan Mengapa Saya Membutuhkannya?
Ada banyak metode dalam penggunaan meta tag sesuai dengan standar HTML 4.0 dari World Wide Web Consortion, namun sebenarnya yang lebih sering digunakan atau lebih tepatnya betul-betul digunakan oleh search engine hanya ada empat hal; yaitu title, description, keyword, dan robots. Jadi jika Anda adalah seorang pemula di internet marketing, apalagi belum cukup paham atau bahkan belum paham sama sekali dengan yang namanya Search Engine Optimization (SEO), maka untuk pembelajaran mengenai panduan penggunaan meta tag ini dirasa sangat cocok bagi Anda.
Title dan Meta Tag adalah Tag HTML khusus yang dimasukkan ke dalam halaman Web/blog Anda dan sering tidak langsung terlihat oleh pengunjung Anda. Tujuan utama Title dan Meta Tags adalah untuk membantu sebuah mesin pencari, katalog dan mengkategorikan halaman Web/blog Anda sehingga mereka yang mencari produk atau jasa Anda dapat menemukan Anda. Ada banyak jenis Meta Tag yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Dan seperti yang telah uprian katakan, fokus kita di sini adalah yang utama / paling umum digunakan dengan Search Engine Optimization (SEO).
TITLE TAG
Title Tag merupakan sebuah Judul dari halaman web/blog Anda, dan setiap halaman Web/blog harus memiliki Judul. Pikirkan judul ini layaknya sebuah buku. Apakah Anda bisa membaca atau bisakah Anda menemukan sebuah buku yang tidak memiliki Judul?
Batas karakter Title Tag usahakan di bawah 60 karakter. Hal ini karena beberapa mesin pencari hanya akan menampilkan maksimal 60 karakter dari teks untuk Judul dalam hasil pencarian mereka. Menjaga Title Tag Anda di bawah 60 karakter membantu“mengasuransikan” bahwa Judul halaman web/blog Anda masuk akal dalam hasil pencarian. Cerdas dan pastikan Judul Anda tidak dipotong!
- Meta tag description / Meta tag deskripsi
- Meta Tag Keyword / Meta Tag Kata Kunci
- Meta Tag Robot Txt / Meta Tag robot txt